Iklan

Kegagalan memimpin Dompu Selama 3 Tahun Menjabat

 


Foto : Raja jalal

Oleh : Raja Jalal

Di Akhir kepemimpinan AKJ-SYAH membuat masyarakat kecewa dimana masyarakat di berikan janji manis yang tak di realisasikan, harga jagung yang dijanjikan 8.000 hingga 9.000 perkilonya di ucap oleh Kepala Dinas Pertanian pada 26/1/2024 lalu.

Namun ketika musim panen tiba, harga jagung anjlok turun sampai harga 2-3 ribu perkilonya. Ini cukup fatal sehingga masyarakat dompu melakukan boikot jalan dan aktifitas pengguna jalan menjadi terganggu.

Dalam program prioritas JARA PASAKA (jagung, porang padi, sapi, ikan) hari ini gagal yang di agungkan saat tempo kampanye.

Dengan kinerja seperti ini apakah pantas untuk melanjutkan dua periode memimpin dana mbari nggahi rawi pahu?

Sanitasi Air bersih dalam program unggul pun masih banyak daerah di dompu mengalami kritis air bersih. Tercatat 122 titik potensi kekeringan. Di musim hujan hanya sebagai cadangan irigasi untuk musim tanam hingga panen.

Dimana letak program prioritas yang di janjikan tempo lalu? Apakah ini hanya sebagai rencana untuk mendapatkan kursi kekuasaan?

Dalam program prioritas AKJ-SYAH hanya fokus pada bidang ekonomi meski tidak merata pada seluruh wilayah Dompu. Di bidang pendidikan pun hanya fokus untuk siap bekerja bukan menjadi leadership untuk sebagai generasi yang akan jemput memperbaiki daerah dompu di masa yang akan datang.

Lemahnya pendidikan di Dompu menimbulkan dampak yang serius sehingga banyak generasi mudah di usia yang cukup di katakan lebih muda dengan rentang usia 15-18 tahun melakukan pernikahan di usia dini.

Di jelaskan di dalam Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 Tentang atas Perubahan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan mengatakan bahwa minimal usia perkawinan adalah 19 tahun. 

Dikutip dari halodoc.com, usia ideal menikah secara fisik dan mental 20 sampai 25 tahun bagi perempuan dan 25 sampai 30 tahun bagi laki-laki, di usia tersebut baik laki-laki dan perempuan sudah mampu berpikir secara dewasa dan matang.

Pernikahan di usia 15-19 tahun rentang menimbulkan dampak terjadinya stunting pada anak,  jika hal ini terus berkembang, mau dikemanakan generasi muda yang akan datang? 

Lemahnya pendidikan serta rentang nya pernikahan dini akan menyebabkan stunting itu berkembang biak. Angka stunting di Kabupaten Dompu Mencapai 10,89 persen. 

Mau di jadikan apa generasi 30 tahun yang akan datang jika angka stunting nya begitu tinggi?  Sedangkan di Kota Bima penurunan angka stunting mencapai 12,32 persen. Mau sampai kapan dompu di landa stunting?

Apakah bangunan yang di dirikan patung yang bertuliskan jara pasaka di RSUD di dompu itu bermanfaat untuk masyarakat atau tidak? Dan jika apakah ketika AKJ tidak Lolos dalam periode kedua bangunan itu akan di robohkan?

Dalam hal pembangunan infrastruktur di Dompu masih kurang memadai, dimana jalan masih banyak yang berlubang bahkan sampai rusak parah sedangkan angaran untuk perbaikan jalan hampir miliaran pertahun. Bahkan jalan umum menjadi tempat parkir untuk salah instansi.

Apakah masalah tersebut tidak di prioritaskan?  Sedangkan membangun patung kuda yang tidak berguna sama sekali itu di prioritaskan.

Di jalan bhayangkara menuju polres dompu dan di jalan sekitar rumah sakit umum daerah dompu, banyak kendaran yang terparkir di pinggir jalan raya, sedangkan dalan undang-undang lalu lintas melarang hal itu, baru di perbolehkan jika ada aturan tambahan atau surat edaran yang memperbolehkan melakukan parkir di pinggir jalan, pertanyaan apakah ada surat edaran atau aturan tambahan yang memperboleh parkir di pinggir jalan tersebut? Jangan sampai tugas aparat penegak hukum bagian satlantas hanya mengamankan pengendara yang tidak lengkap dalam mengendarai kendaraan.

Apa prestasi Bupati Dompu selama menjabat ini? dengan problematik yang terjadi hari ini?

Data statistik Kabupaten Dompu yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu 2021 tercatat 12.60 persen angka pengangguran atau sebanyak 33.26 ribu jiwa pengangguran dari 252.288 jiwa penduduk Kabupaten Dompu

Apakah problematik ini cukup dikatakan sukses? Saya rasa cacat dalam memimpin Dompu sekarang. Apa yang akan terjadi jika melanjut dua periode?

Post a Comment

0 Comments